Seri Berbagi Ilmu Pelatihan #Komunitasmemberi : Branding dan Positioning Starbuck (1)

Siapa yang tidak kenal starbuck, akhir-akhir ini starbuck semakin terkenal dengan hal-hal yang tidak terduga seperti kejadian teror Bom dan dukungan starbuck pada LGBT. Tentu Cantique tidak akan berpolemik terhadap 2 hal diatas, tetapi lebih fokus pada keberhasilan Starbuck membangun positioning product dan brand. Apa bedanya kopi mulai dari yang disajikan di warung pinggir jalan, warung kopi (warkop), kopi sachet sampai dengan minuman yang disajikan di mall/tempat berkategori menengah keatas.

Satu cangkir/gelas kopi di Warkop harganya Rp 3.000 – Rp 5.000, lalu dengan ukuran yang sama di Starbuck harganya bisa naik menjadi sekitar Rp 40.000 – Rp 60.000. Lihatlah pertambahan nilainnya (added value) naik hampir 1.200%. Bagaimana pula seseorang dengan bangganya akan memposting cangkir/gelas yang ada logo Starbuck dan di share keman-mana, pertanyaanya pernahkan kita menemukan seseorang memposting foto gelasnya yang berisi minuman kopi?. Ini pelajaran berharga bagi UKM di Indonesia, termasuk produk Cantique untuk menjadikan kain yang digunakan memberikan kebanggaan bagi yang menggunakan, sehingga siapapun yang membeli dan menggunakan produk Cantique seperti gamis modern pesta, jual baju gamis pesta mewah, jual gaun pesta muslim, jual gaun pesta, jual baju pesta muslim, jual gamis terbaru, jual busana pesta, jual gamis syari pesta,busana muslim pesta pernikahan, baju muslim pesta pernikahan, gamis anak cantik, baju pesta balita, jual gaun pesta baby, baju lebaran anak anak, baju muslim sarimbit keluarga, fashion muslim terbaru, fashion muslimah modern, blus muslimah sampai produk baju muslim untuk kerja seperti baju kerja muslim, baju kerja batik sampai produk syar’i seperti gamis syari, busana muslim syari,  gamis syari modern, akan memiliki kebanggan dan produk Cantique menjadi bagian dari jati diri dan kesuksesan yang dibangunnya.

Minum kopi sambil bekerja atau meeting, itulah salah satu “functional benefit” yang ditawarkan Starbuck kepada pelanggannya. Di masa dulu minum kopi di warung asosiasinya adalah ngerumpi/ngobrol ngalor-ngidul.

Bersambung tulisan berikutnya……………..

 

Produk Cantique :

FB  : Gerai Cantique

Twitter : @geraicantique

Instagram : gamispesta_

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=mqM2yQW0pqM

Website : www.GeraicantiQue.com

by Gerai Cantique